Pencarian
 
 

Display results as :
 


Rechercher Advanced Search

Latest topics
» solusi bau mulut
Sun Aug 17, 2014 3:40 am by wartasolusi

» akhirnya terjawab sudah masalah saya
Sun Oct 28, 2012 4:31 am by stokisherbal

» solusi bau mulut, napas, kurus/obesitas, kerusakan rambut
Wed Oct 17, 2012 4:18 pm by stokisherbal

» nulled CPA blaster
Wed Oct 17, 2012 12:15 pm by Admin

» Script Download Mp3 dari 4Shared [White Code]
Sun Sep 30, 2012 12:01 pm by mandala

» Backlink Pasang Ac Surabaya | Do follow blog - Infoac.info
Fri Sep 28, 2012 10:42 pm by mandala

» Backlink Service Ac Surabaya
Fri Sep 28, 2012 10:37 pm by mandala

» site:perawatanac.infoac.info
Wed Sep 26, 2012 1:31 am by mandala

» Auto Approve - Bakclink September 2012
Thu Aug 30, 2012 10:41 pm by mandala

» pemesanan id betting online
Wed Aug 29, 2012 2:40 pm by dragonbet77

» Dijual Segera Rumah Minimalis Siap Huni dan Hadap Timur | Surabaya
Tue Aug 28, 2012 9:23 pm by mandala

» Get Usernames And Passwords + Database By Google
Sun Aug 26, 2012 12:15 pm by mandala


Wanita Jepang Banyak yang Melajang

Go down

081110

Post 

Wanita Jepang Banyak yang Melajang




MEDAN, KOMPAS.com--Banyak wanita Jepang dewasa ini memilih hidup melajang dengan berbagai alasan, di antaranya karena tidak menemukan pasangan yang cocok dan memang tidak berkeinginan untuk menikah.

Dosen Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) Lembaga Indonesia Amerika (LIA) Risma Delvina Siahaan, di Medan, Jumat, mengatakan, dewasa ini pernikahan bagi sebagian wanita Jepang hanyalah satu dari banyaknya pilihan hidup yang dapat dilakukan maupun ditinggalkan sama sekali.

Berbicara pada seminar Kejepangan "Peranan dan Kedudukan Perempuan Jepang Ditinjau Dari Aspek Sosial Budaya" yang merupakan rangkaian dari festival Budaya Jepang di Universitas Sumatera Utara, Delviana mengatakan, koran Nikkei Shimbun pernah melakukan riset pada tahun 1995 pada wanita usia 30 tahun keatas yang bekerja di kantoran di Tokyo.

Hasilnya hampir setengah dari responden yakni sekitar 44,2 persen menjawab tidak masalah bila tidak menikah jika tidak menemukan pasangan hidup yang cocok dan sekitar dua persen menjawab tidak memiliki keinginan menikah.

Menurut dia, ada banyak faktor yang melatarbelakangi kecenderungan wanita Jepang dewasa ini tidak ingin menikah. Misalnya pada kalangan anak muda, pendidikan dan pekerjaan dianggap dapat menjadi hambatan utama untuk menikah.

Sementara dikalangan usia menengah keatas bisa jadi karena faktor kemandirian dalam keuangan, telah terbiasa hidup seorang diri atau belum menemukan pasangan yang cocok untuk menikah.

Seorang penulis Jepang, Sumiko Iwao dalam bukunya yang berjudul "Japanese Women: Traditional Image and Changing Reality" menjelaskan beberapa penyebab berkurangnya jumlah pasangan yang menikah di Jepang yaitu kemajuan di bidang ekonomi sehingga para wanita mampu hidup mandiri secara finansial meskipun tidak bersuami.

Kemudian banyak wanita yang mulai memiliki paham feminisme sehingga tidak mau terikat tradisi dengan menjadi ibu rumah tangga dan prosedur pernikahan yang merepotkan serta memakan banyak biaya.

"Dari beberapa alasan itu terlihat bahwa perkembangan ekonomi telah mejadi alasan utama bagi wanita Jepang untuk menunda pernikahannya. Hal ini secara tidak langsung membuktikan bahwa kemajuan dalam bidang ekonomi di Jepang memiliki peranan besar dalam perubahan pola pikir masyarakat Jepang terhadap pernikahan, khususnya bagi wanita Jepang modern," katanya.

Menurut dia, bagi wanita yang berorientasi pada karir, perkimpoian dianggap penghalang untuk mencapai tujuan profesional mereka. Pernikahan bagi wanita Jepang modern telah menjadi beban karena harus mengorbankan keinginan pribadi mereka masing-masing untuk kepentingan keluarga.

"Untuk bisa mempertahankan gaya hidup mereka, para wanita Jepang modern rela hidup dengan tetap melajang dan menikmati kebebasannya," katanya.
avatar
Admin
Admin
Admin

Jumlah posting : 347
Points : -2145841646
Reputation : 8
Join date : 08.11.10
Age : 31
Lokasi : Surabaya

Lihat profil user http://promosi.indonesianforum.net

Kembali Ke Atas Go down

- Similar topics
Share this post on: diggdeliciousredditstumbleuponslashdotyahoogooglelive

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik